BI Turunkan Suku Bunga Acuan Hingga 4.75%

Phosphorus
Read Time:1 Minute, 16 Second

Jakarta- Bank Indonesia (BI) memutuskan menurunkan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebanyak 25 basis points (bps) menjadi 4,75%.

Selain itu, menurunkan suku bunga Deposit Facility dari semula 4,25% menjadi 4%, dan suku bunga Lending Facility menjadi 5,5% dari sebelumnya 5,75%. Keputusan ini diambil dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia yang berlangsung 19-20 Februari 2020.

“Dengan mempertimbangkan kondisi global, RDG pada 19 dan 20 Februari 2020 memutuskan menurunkan 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 bps menjadi 4,75%,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Perry menjelaskan keputusan bank sentral menurunkan suku bunga dikarenakan sejalan dengan kondisi global, yaitu wabah virus corona dan menjaga pertumbuhan ekonomi domestik.

Strategi operasi moneter terus ditujukan untuk menjaga kecukupan likuiditas dan mendukung transmisi bauran kebijakan yang akomodatif. Sementara itu, kebijakan makroprudensial yang akomodatif ditempuh untuk mendorong pembiayaan ekonomi sejalan dengan siklus finansial yang di bawah optimal dengan tetap memerhatikan prinsip kehati-hatian.

“Dalam konteks ini, Bank Indonesia akan menyesuaikan ketentuan terkait perhitungan Rasio Intermediasi Makroprudensial (RIM) dengan memperluas cakupan pendanaan dan pembiayaan pada kantor cabang bank di luar negeri yang diperuntukkan bagi ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Ke depan, Bank Indonesia akan mencermati perkembangan ekonomi global dan domestik dalam memanfaatkan ruang bauran kebijakan yang akomodatif untuk menjaga terkendalinya inflasi dan stabilitas eksternal, serta memperkuat momentum pertumbuhan ekonomi.

“Koordinasi Bank Indonesia dengan pemerintah dan otoritas terkait terus diperkuat guna mempertahankan stabilitas ekonomi, mendorong permintaan domestik, serta mempercepat reformasi struktural, termasuk dalam memitigasi dampak virus corona,” katanya.

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ketua BPK resmikan organisasi profesi pemeriksa keuangan negara IPKN

Jakarta – Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Agung Firman Sampurna meresmikan dan mengukuhkan Dewan Pengurus Nasional organisasi pemeriksa keuangan negara yang dinamakan Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN), di Kantor Pusat BPK, pada Kamis (20/2/2020). Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Ketua BPK, Agus Joko Pramono, Anggota III BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara […]

Kirim Berita

085216456421